Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Kuliah Teknik Industri di Kampus Swasta

Artikel pengalaman kuliah teknik industri di kampus swasta menceritakan tentang pengalaman saya ketika kuliah teknik industri di Surabaya. Menurut sebagian masyarakat, masyarakat memandang bahwa anak-anak yang kuliah di kampus swasta adalah anak anak yang gagal dari tes seleksi masuk perguruan tinggi negeri. Sehingga kampus swasta adalah kampus kelas dua, setelah kampus negeri. Hal tersebut tidaklah selalu benar, karena ada juga pelajar yang lulus SMA langsung menuju kampus swasta untuk melanjutkan studinya, karena ia berpendapat ada fasilitas dan keuntungan yang diperoleh Setimpal dengan biaya yang dikeluarkan di kampus. Lulusan kampus swasta juga banyak yang berkarir sebagai PNS, anggota dewan, bekerja di perusahaan bonafid atau mempunyai usaha yang dijalani sendiri.

Bagaimana Kuliah Teknik Industri di Kampus Swasta?

Masa masa semester awal (1 dan 2) saya menjalani masa ospek mahasiswa baru, mengikuti mata kuliah kalkulus 1 kalkulus 2, fisika dasar, pengantar teknis industri dan mata kuliah jurusan lainnya. Menghadapi kalkulus yang penuh dengan perhitungan yang rumit maka kita harus menyisakan waktu 1 jam sehari untuk belajar kalkulus sebagaimana saran dosen kalkulus saya yang berkata demikian Beberapa teman kuliah sering mengulang mata kuliah kalkulus hingga semester 8 karena mereka kesulitan dan belum menemukan jalan keluar dari permasalahannya. padahal sebenarnya tidak ada pelajaran kuliah yang sulit, hanya perlu ketelatenan dan keuletan supaya bisa lulus dari mata kuliah kalkulus.
Adapun praktikum di semester 1 dan 2 adalah praktikum fisika dasar dan komputer. Saran saya anda harus lulus semua mata kuliah di semester 1 dan 2 karena apabila ada yang tidak lulus anda akan kesulitan untuk mengambil mata kuliah selanjutnya. Mata kuliah di semester 3, 4, 5 dan 6 biasanya mempersyaratkan kelulusan mata kuliah di semester awal
Mata kuliah di semester 3 sampai semester 8 saya mempelajari mata kuliah jurusan teknik industri seperti PPIC, Ekonomi Teknik, Ergonomi, Kerja praktek, KKN dan Skripsi. Di semester 3 sampai 6 saya juga harus menjalani berbagai macam praktikum. seperti praktikum mesin perkakas, praktikum listrik, praktikum menggambar teknik, praktikum sistem produksi, praktikum statistik industri dan sebagainya. Saudara harus lulus semua praktikum supaya bisa mengikuti kerja praktek di perusahaan. Menjalani praktikum praktikum tersebut sangat menyenangkan karena kita langsung belajar secara praktik tidak hanya dalam teori. Praktikum juga dijalankan secara berkelompok dan tidak sendiri-sendiri. sehingga apabila ada tugas bisa dikerjakan secara bersama-sama.

Pengalaman Kerja Praktek dan Skripsi di PT PAL Persero

Adapun kerja praktek dan skripsi saya ambil di PT PAL Persero dengan tema peningkatan produktivitas pekerja dengan menggunakan TQM. Kerja praktik di PT PAL sangat menyenangkan karena kepala departemen dan karyawan perusahaan sangat humoris dan membimbing saya ketika saya kerja praktek dan menyelesaikan skripsi di perusahaan.

Berapa Biaya Kuliah Teknik Industri Waktu itu ?

Dahulu tahun 2008 ketika saya kuliah, Uang SPP perbulan adalah 250 ribu, selain itu mahasiswa harus membayar biaya praktikum sebesar seratus ribu per praktikum. Biaya UTS dan UAS tujuh puluh lima ribu rupiah. sebenarnya biaya kuliah di kampus saya lebih murah di banding kampus kampus swasta lainnya di Surabaya pada saat itu. Sehingga hal tersebut tidak terlalu membebani keluarga saya.
Selain biaya rutin untuk kuliah yang saya sebutkan di atas, ada juga biaya untuk kegiatan kemahasiswaan jurusan Teknik Industri, seperti Study tour, Travelling dan sebagainya. yang tidak setiap tahun ada, terkadang hanya di tahun pertama dan kedua kita melakukan hal tersebut. selebihnya kita tidak diwajibkan mengikutinya. 

Bagaimana Prospek Lulusan Teknik Industri kampus swasta?
 
Bagi anda yang ingin berkuliah Teknik Industri di kampus swasta, Saudara jangan khawatir tentang masa depan anda, teruslah belajar dan berdoa setiap waktu supaya ilmu anda bermanfaat, Banyak lulusan teknik industri yang seangkatan saya, yang sudah bekerja di perusahaan BUMN ada juga yang bekerja sebagai aparatur negara, tidak sedikit juga yang bekerja di perusahaan swasta atau ber wiraswasta, sehingga keberhasilan masa depan anda, anda sendiri yang menentukan
Pesan saya kepada mahasiswa teknik industri swasta di manapun anda berada, teruslah belajar dengan giat dan tekun serta berdoa kepada Allah SWT supaya anda berhasil dalam studi anda.
Terimakasih sudah membaca artikel ini jangan lupa bagikan kepada yang lain.

Posting Komentar untuk "Pengalaman Kuliah Teknik Industri di Kampus Swasta"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close