Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Kalimat dengan Even, Even Though, dan Not Even

 Even di dalam bahasa Inggris bisa berarti walaupun. Even juga bisa berarti bahkan, malahan tergantung kondisinya di dalam kalimat bahasa inggris. Even biasanya diucapkan di dalam melakukan suatu hal yang berbeda kondisinya dengan kondisi umum di masyarakat. Semisal menonton TV di kamar mandi. Makan camilan di toilet. Bermain handphone di toilet. 

Even juga digunakan untuk mengungkapkan kondisi yang mengejutkan. Seperti kalimat dia tetap datang ke rumahku walau hujan deras. Dia tetap memberiku hadiah walaupun dia tidak memiliki banyak uang. 

Contoh penggunaan even di dalam kalimat bahasa Inggris sebagai berikut

  1. He always reads Al Qur'an even in the night (Dia selalu membaca alquran walaupun di malam hari) 
  2. Nobody would give his food not even his best friend (Tidak seiorangpun yang akan memberinya makanan, bahkan teman baiknya)
Seringkali penggunaan even di dalam kalimat Bahasa Inggris diletakkan di tengah kalimat seperti contoh kalimat di bawah ini 

  1. They are very Famous. They even have their own channel on youtube (Mereka sangat terkenal, bahkan mereka mempunyai channel di youtube)
  2. Abdullah has visited all over Indonesia. He has even been to aceh darussalam. (Abdullah sudah berkunjung ke seluruh tempat di Indonesia, Bahkan dia sudah berkunjung ke Aceh Darussalam)

Even dapat digunakan bersambung dengan not menjadi not even. seperti beberapa contoh kalimat di bawah ini

  1. She can't write, she can't even write one letter (Dia tidak dapat menulis. dia tidak dapat menulis walaupun hanya satu surat)
  2. He can't speak, he can't even say one word (Dia tidak dapat berbicara, dia tidak dapat berbicara walaupun hanya satu kata)
  3. His father wasn't very friendly to us. His father didn't even say assalamu'alaikum (Ayahnya tidak bersahabat dengan kami, ayahnya tidak mengucapkan kata walaupun hanya Assalamu'alaikum)

Penggunaan even dapat disambungkan dengan comparative seperti faster atau more luxury. Seperti contoh dalam kalimat di bawah

  1. I was surprised to get message from Tamara. I was even more surprised when she came to see me yesterday (Saya terkejut mendapatkan pesan dari Tamara, Bahkan Saya lebih terkejut ketika dia telah datang untuk melihat saya kemarin)
  2. I came very early but murliadi came to office even Earlier. (Saya datang sangat awal tetapi Murliadi datang ke kantor lebih awal.)

Penggunaan even juga bisa disambung dengan though, when dan if, sehingga penulisannya seperti even though, even when, even if. Arti dari even though, even when dan even if adalah walaupun. Saudara bisa menggunakan even though atau even when dan even if di dalam kalimat berikut 

  1. Even though he can't understand handphone, he has bought a new smartphone (Walaupun dia tidak memahami handphone, dia sudah membeli smartphone baru.)
  2. He never asks me, even though he doesn't know everything(Dia tidak pernah menanyai saya, walaupun dia tidak tahu semuanya)


Posting Komentar untuk "Contoh Kalimat dengan Even, Even Though, dan Not Even"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close