Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Kerja di Showroom Mobil

Artikel pengalaman kerja di showroom mobil penulis berdasarkan beberapa tahapan sebagai berikut :

1. Apa saja profesi yang dibutuhkan di showroom mobil?

2. Bagaimana supaya bisa bekerja di showroom mobil?

3. Bagaimana pengalaman kerja di showroom mobil?


Apa saja profesi yang dibutuhkan di showroom mobil?

Sebuah showroom mobil membutuhkan beberapa pekerjaan untuk posisi sebagai berikut

1. Sales manager

2. Finance manager

3. Customer service

4. HRD

5. Salesman atau spg

6. Teknisi servise

7. Satpam

Dengan beberapa posisi pekerjaan di showroom mobil , maka dengan kemampuan dan ilmu yang saudara miliki, saudara bisa memilih untuk melamar di pekerjaan tersebut. 

Bagaimana supaya bisa bekerja di showroom mobil?

Saudara bisa bekerja di showroom mobil dengan melamar kerja di showroom mobil atau dealer yang membuka lowongan kerja. Lowongan kerja untuk bekerja di showroom mobil bisa saudara dapatkan dari informasi yang terdapat di internet. Di Koran, pengumuman lowongan kerja di dinas ketenagakerjaan, atau pemberitahuan yang anda peroleh dari notifikasi whatss app grup keluarga atau whatss app grup teman yang memberitahukan tentang lowongan kerja di showroom mobil.

Setelah saudara melamar kerja dan lamaran kerja diterima oleh pihak HRD, maka saudara akan dipanggil untuk melakukan interview (tes wawancara langsung) dengan user (pengguna) jasa anda sebagai sales penjualan mobil atau customer service atau posisi pekerjaan apapun yang anda lamar. Untuk menghadapi tes wawancara langsung saudara harus berlatih dan mempersiapkan diri anda untuk mengantisipasi pertanyaan yang mungkin diajukan kepada anda. Apabila saudara mencantumkan pengalaman kerja anda nol , atau fresh graduate, maka anda ceritakan pengalaman kemampuan menjual anda di bidang yang lain, misalnya anda pernah melakukan penjualan pulsa, melakukan reseller baju dan sebagainya. 

Sebuah saran dari penulis, usahakan jawaban anda dalam sesi wawancara langsung selalu kontinyu dan tidak merubah-rubah jawaban, yang menunjukkan anda tidak konsisten, tunjukkan sikap konsisten saudara, tunjukkan bahwa saudara bisa dipercaya untuk bekerja sebagai sales penjualan mobil atau customer service di tempat tersebut, perusahaan dealer mobil mempekerjakan saudara karena ingin mendapatkan keuntungan yang lebih besar dengan adanya saudara, perusahaan tidak ingin mendapatkan masalah atau kerugian dengan hadirnya anda di perusahaan mereka. 

Beberapa perusahaan dealer mobil yang lain mungkin melakukan beberapa tahapan tes yang melelahkan seperti psikotes, tes intelegensia umum, tes kesehatan dan kemudian tes wawancara, Perusahaan dealer mobil melakukan hal tersebut untuk menyaring calon pekerja yang sesuai dengan kebutuhan mereka, untuk menghadapi tahapan tes yang melelahkan maka anda harus sering berlatih dan belajar mengerjakan latihan psikotes, mengerjakan tes intelegensia umum, berlatih menggambar dan menjaga kesehatan anda, jangan lupa untuk berdo’a kepada yang maha kuasa, supaya saudara dimudahkan dalam menghadapi tes tersebut

Bagaimana pengalaman kerja di showroom mobil?

 Dengan beberapa posisi pekerjaan yang terdapat di showroom mobil, sebagaimana telah diuraiakan pada pertanyaan pertama tentang jenis pekerjaan yang terdapat di showroom mobil, maka penulis membatasi dengan 2 jenis profesi yakni satpam dan salesman.

#Pengalaman kerja satpam di showroom mobil.

Abdul (bukan nama sebenarnya) adalah seorang satpam showroom mobil mewah di jakarta pusat, berikut penuturan abdul sebagai satpam di showrrom mobil.

Satpam yang bekerja di showroom mobil melaksanakan pekerjaannya dengan datang lebih awal dari pekerja lainnya, apalagi di masa pandemic covid 19 seperti sekarang, maka satpam akan melakukan screening atau pemeriksaan terhadap setiap pengujung yang datang. Walaupun pengunjung showroom mobil tidak seramai pengunjung pasar namun seorang satpam tetap dituntut untuk menjaga keamanan showroom mobil dengan penuh kehati-hatian.

Satpam showroom mobil bertugas mengamankan lokasi showroom mobil, kendaraan karyawan, kendaraan tamu pelanggan. Ketika ada mobil mau masuk ke lokasi showroom maka satpam harus bisa mengarahkan lokasi parker mobil tamu, ketika tamu keluar dari showroom maka seorang satpam harus memastikan kendaraan keluar dengan aman dari showroom mobil untuk berjalan di jalan raya. 

Apabila ada demonstrasi yang berlangsung satpam harus memastikan keamanan dan kondusivitas lokasi showroom mobil terjaga, apabila kondisi semakin darurat dan tidak terkendali maka satpam harus segera menyampaikan kondisi tersebut kepada manager atau pihak direksi di showroom mobil supaya segera mengamankan diri.

Jam kerja satpam di showroom mobil bergantung pada jam kerja satpam tersebut, ada yang bekerja mulai jam 8.00 pagi sampai 16.00 sore, ada juga satpam yang bekerja dari 16.00 sore sampai jam 8.00 pagi, sehingga umumnya terdapat 2 shift jaga satpam di showroom mobil. Penghasilan atau Gaji yang diterima satpam di showroom mobil bervariasi tergantung dimana seorang satpam tersebut bekerja, apabila satpam bekerja di showroom mobil mewah seperti showroom yang menjual marcedes benz, bmw, tentu penghasilannya lebih tinggi dibandingkan showroom mobil kelas menengah. Apabila dibuat rentang penghasilan, maka seorang satpam di showroom mobil bisa menghasilkan Rp 3 juta – Rp 7 juta. Hal tersebut belum ditambah bonus penghasilan (apabila ada) serta makanan, minuman, tunjangan kesehatan dan sebagainya.

#Pengalaman kerja sebagai sales di showroom mobil.

Lina (bukan nama sebenarnya) adalah seorang sales mobil di daerah Jakarta pusat. Berikut pengalaman Lina sebagai sales mobil

Seorang sales mobil dishowroom dituntut untuk bisa menjualkan mobil dengan target yang ada, misalnya saya ditarget dapat menjual mobil 8 unit perbulan, apabila target tersebut bisa saya penuhi maka saya bisa mendapatkan penghasilan lebih banyak pada bulan tersebut, dimana penghasilan sales bisa diperoleh dari gaji pokok bulanan, komisi penjualan, dan biaya kredit dari angsuran mobil.

Pada umumnya sales mobil berusaha supaya pembeli mau melakukan pembelian dengan cara angsuran supaya tetap mendapat penghasilan tambahan perbulannya walaupun terkadang pembeli ingin membeli secara cash atau tunai. Karena total harga mobil lebih rendah dibandingkan harga mobil secara kredit. Sebagai sales yang professional maka harus menuruti apa mau konsumen, konsumen harus selalu dianggap sebagai raja atau tamu terhormat oleh sales. 

Jam kerja sales mobil mengikuti jam kerja showroom mobil, yakni jam 8.00 pagi sampai jam 16.00 sore, walaupun pekerjaan yang dilakukan sales mobil tidak sama dengan pekerja manufaktur yang terus menerus melakukan kegiatan produksi sepanjang hari, seorang sales mobil hanya bekerja apabila ada tamu yang bertanya-tanya dan ingin membeli sebuah mobil, baik melalui kunjungan langsung ke showroom atau via telpon. Sehingga terkadang seorang sales harus bekerja diluar jam normal untuk melayani pertanyaan pelanggan lewat telpon.

Bekerja sebagai sales mobil harus dituntut untuk berpenampilan dan bertuturkata yang menarik sehingga membuat orang terkesan dan membeli mobil perusahaan. Sales harus melayani setiap pelanggan yang datang dengan berbagai latar budaya, ras dan jenis pakaian yang digunakan, terkadang seorang pembeli datang dengan pakaian yang biasa dan hanya memakai sandal jepit, tetapi setelah sales tersebut melayani dengan baik, sang pembeli yang hanya memakai sandal jepit akhirnya membeli sebuah 1 unit mobil Mercedes benz, karena dia tertarik atas sikap sales tersebut. 

Sales mobil harus mempunyai pemahaman yang menyeluruh tentang mobil yang ditawarkan, pemahaman yang menyeluruh tersebut tentang apa merek mobil tersebut, kapan diproduksi mobil tersebut, apa tipe mesin dan jenis bahan bakar yang digunakan, berapa masa gratis servis dari mobil tersebut. Apa keunggulan dari mobil jenis tersebut dibandingkan seri sebelumnya. Bagaimana proses pembayaran apabila pembelian dilakukan secara kredit atau tunai, dan sebagainya.

Pendapatan sebagai salesman mobil di showroom cukup menjanjikan bagi anda, seorang sales mobil mewah seperti lina (bukan nama sebenarnya) bahkan bisa membeli rumah dan mobil sendiri dari hasil bekerjanya sebagai sales mobil, apabila di tulis dalam rentang pendapatan maka penghasilan atau gaji pokok sakes mobil berkisar antara 3 juta sampai 7 juta rupiah, belum ditambah bonus penghasilan dari penjualan mobil, penghasilan dari angsuran mobil serta bonus dan insentif lainnya dari manager showroom   


Posting Komentar untuk " Pengalaman Kerja di Showroom Mobil"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close