Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Penjadwalan Produksi dengan Critical Ratio

Apa itu Critical Ratio?

Critical Ratio adalah istilah dalam bahasa inggris yang berarti rasio kritis. Critical Ratio adalah metode penjadwalan produksi dengan melakukan prioritas pekerjaan pada pekerjaan yang mempunyai nilai critical ratio paling rendah. Critical Ratio merupakah salah satu metode penjadwalan produksi yang digunakan dalam dunia Industri. Memahami metode critical ratio dengan baik akan membuat anda bisa melakukan penjadwalan produksi dengan baik,

Bagaimana Cara Melakukan Penjadwalan Produksi dengan Critical Ratio?

Cara melakukan penjadwalan produksi dengan Critical ratio adalah dengan menghitung crtical ratio terlebih dahulu, kemudian setiap tugas yang mempunyai nilai critical ratio terendah diselesaikan lebih dahulu. Critical Ratio dihitung melalui pembagian waktu yang tersisa (banyaknya jam atau hari kerja diantara sekarang dan due date) dengan kerja (manufacturing time) yang tersisa (total setup, run, wait, move, dan waktu tunggu) rumus critical ratio ditulis sebagai berikut

Gambar 1.0 Rumus Critical Ratio

Setelah melakukan perhitungan critical ratio, maka dilakukan prioritas pekerjaan dengan mendahulukan pekerjaan yang mempunyai nilai critical ratio terkendah.

Contoh Soal Penjadwalan Produksi dengan Critical Ratio.

Hari ini adalah tanggal 1 September 2021, Pesanan nomor #1344 dibutuhkan pada tanggal 15 September 2021 dan mempunyai 1 hari kerja yang tersisa, Pesanan nomor #1455 dibutuhkan pada tanggal 10 September 2021 dan mempunyai 8 hari kerja yang tersisa. Berdasarkan informasi tersebut kita bisa menghitung ctical ratio dengan rumus sebagai berikut :

  

Gambar 1.1, Perhitungan Critical Ratio

Dengan melihat nilai critical ratio kita mengetahui bahwa pesanan nomor #1344 mempunyai nilai ratio yang lebih kecil,sebesar 1,07. Dibandingkan pesanan nomor #1455. Sehingga pesanan nomor #1344 berdasarkan metode perhitungan critical ratio diselesaikan terlbih dahulu.

Contoh soal ke 2 penjadwalan produksi dengan critical ratio.

PT. Merapi membuat sepeda gunung dengan merek tarzan, sepeda merek tarzan membutuhkan tahapan-tahapan pekerjaan atau operasi yang harus dilakukan, apabila saat ini tanggal 20 Oktober 2021 dan beberapa pekerjaan tersebut harus selesai tanggal 26,27,28,29 dan 30 oktober 2021 sebagaimana tertulis pada tabel di bawah. maka berdasarkan due date yang harus diselesaikandan  jumlah hari kerja yang tersisa, maka manakan yang harus dkerjakan terlebih dahulu oleh PT. Merapi. ?

Tabel 1.0, Tabel Due Date PT, Merapi

Jawaban :

Mari kita hitung menggunakan rumus crtical ratio sebagaimana tertulis pada gambar di atas.

Critical Ratio tugas A = (30-20)/8 = 1,25

Critical Ratio tugas B = (28-20)/6 = 1,33

Critical Ratio Tugas C = (26-20)/6 = 1

Critical Ratio Tugas D = (24-20)/5 = 0,8

Critical Ratio Tugas E = (23-20)/2 = 1,5

Maka berdasarkan nilai Critical Ratio tersebut kita lakukan pengurutan sebagai berikut 

Tabel 1.1, Prioritas Stasiun Kerja


Posting Komentar untuk "Contoh Penjadwalan Produksi dengan Critical Ratio"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close