Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Solusi untuk Dampak Industri Pariwisata

Industri yang tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan adalah suatu dambaan bagi setiap pemerintah  daerah, industri yang berkembang besar bisa menjadi lapangan pekerjaan dan sumber pendapatan bagi setiap masyarakat. Walaupun di sisi yang lain, tumbuhnya industri bisa menimbulkan beberapa efek yang tidak diharapkan masyarakat, seperti polusi, tercemarnya lingkungan dan sebagainya.

Kondisi Industri Pariwisata Saat Ini

Pada tulisan ini penulis akan membahas tentang industri pariwisata , industri pariwisata saat ini sedang terdampak cukup berat dengan adanya beberapa himbauan pemerintah seperti menjaga jarak,bekerja dari rumah, melakukan rapid test, melakukan swab test dan sebagainya. Apabila manusia ketika dia ingin berwisata tetapi banyak prosedur yang dia harus lakukan, maka kemungkinan besar dia lebih memilih untuk berdiam diri di rumah dan bersantai dengan keluarganya,

Hal ini sangat tidak menguntungkan bagi industri pariwisata, khususnya industri pariwisata di Indonesia, yang merupakan objek riil bukan berupa objek fantasi. Industri pariwisata membutuhkan kemudahan kunjungan langsung wisatawan atau turis ke tempat wisata, kemudian melakukan reservasi di hotel hotel dekat lokasi pariwisata, kemudahan dalam berbelanja barang dan kebutuhan di lokasi-lokasi dekat pariwisata. Sehingga industri pariwisata tersebut berjalan sempurna.

Salah satu hal yang menyebabkan adanya hambatan tersebut adalah tentang penanganan virus Covid 19 yang mewabah, covid 19 adalah sumber permasalahan dari lesunya industri pariwisata saat ini. Menyelesaikan permasalahan covid 19 di tempat-tempat yang menjadi episentrum industri pariwisata harusnya lebih diutamakan oleh pemerintah. Sehingga apabila masalah covid 19 terselesaikan, maka industri pariwisata akan tumbuh normal.  

Menyelesaikan virus covid 19 yang sudah menyebar sangatlah susah dilakukan, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah mengedukasi masyarakat tentang perilaku hidup sehat, tidak perlu panik dan selalu melakukan gotong royong, tolong menolong dengan sesama, covid 19 mungkin bisa menyebabkan kematian bagi diri manusia, tetapi keegoisan manusia bisa membahayakan seluruh manusia.  Kematian bagi manusia adalah suatu kepastian, yang membedakan kematian kita dengan yang lain adalah apa yang kita persiapkan untuk menemui kematian tersebut. Tentunya kita mempersiapkan dengan melakukan amal sholeh selama kita hidup, termasuk dengan tolong-menolong dan gotong royong dengan sesama manusia.

5 Solusi Untuk Dampak industri Pariwisata 

Penulis menemukan solusi tentang dampak lingkungan akibat industri pariwisata dari jurnal mahasiswa fakultas perikanan universitas Ege Turki bernama Ugur sunlu, 5 Solusi untuk dampak industri pariwisata sudah penulis rangkum sebagai berikut :

1.Kontribusi finansial 

Industri pariwisata dapat berkontribusi keuangan secara langsung untuk konservasi daerah dan habitat yang terdampak industri pariwisata, pendapatan dari tempat parkir dan beberapa sumber yang lain dapat dialokasikan untuk membayar perlindungan dan pengaturan lingkungan industri pariwisata.

2.Meningkatkan perencanaan dan manajemen lingkungan. 

Perencanaan dan manajemen lingkungan dapat membantu untuk membuat pilihan diantara pengguna yang berkonflik, atau menemukan jalan dan metode supaya mereka sesuai satu dengan yang lain. Dengan perencanaan awal untuk pengembangan industri pariwisata, kerusakan dan mahalnya biaya yang ditimbulkan bisa dicegah. Teknik produksi yang bersih dapat menjadi alat penting untuk perencanaan dan pengoperasian fasilitas pariwisata yang meminimalkan dampak lingkungan.

3.Meningkatkan Kesadaran Lingkungan

Meningkatkan kesadaran lingkungan pariwisata adalah potensi untuk meningkatkan apresiasi publik pada lingkungan dan menyebarkan permasalahan tentang kesadaran lingkungan untuk membawa manusia menjalin hubungan lebih dengan alam dan lingkungan.Industri pariwisata dapat memainkan peran penting pada penyediaan informasi lingkungan dan meningkatkan kesadaran tentang pariwisata sebagai konsekuensi pada aktivitas lingkungan.

4.Perlindungan dan Pelestarian

Perlindungan dan pelestarian pariwisata dan secara signifikan berkontribusi pada perlindungan lingkungan, konservasi dan restorasi pada diversitas biologi dan penggunaan sumber daya alam secara berkelanjutan, Sebab daya tarik mereka, situs murni dan sumber daya alam dapat diidentifikasi sebagai suatu yang bernilai dan harus dijaga kelestariannya. Di Hawai, peraturan dan regulasi baru diterapkan untuk melindungi hutan hujan pulau HAwai dan spesies alamIn Hawaii, Hawai sekarang menjadi pusat internasional untuk penelitian apda sistem ekologi dan promosi serta perlindungan pada industri pariwisata kepulauan yang mana merupakan motivasi utama untuk kegiatan-kegiatan ini. Beberapa industri pariwisata memperoleh dampak positif dari pelestarian dan perlindungan hutan liar, tidak hanya tercatat di Afrika, tetapi juga di Amerika Selatan, Asia dan Pasifik Selatan.  .

5.Kebijakan yang Terukur

Regulasi kebijakan yang terukur dapat menyelesaikan dampak negatif, sebagai contoh, mengendalikan aktivitas turis dan pergerakan pengunjung yang dapat membatasi dampak terhadap ekosistem dan membantu memelihara integritas dan vitalitas pada sebuah situs pariwisata. Seperti pembatasan yang dapat mengurangi dampak negatif pada sumber daya, Pembatasan harus dilanjutkan setelah melakukan analisa mendalam tentang kapasitas maksimum pengunjung situs pariwisata. Strategi ini digunakan di kepulauan Galapagos, dimana jumlah kapal yang diperbolehkan berlayar di area kepulauan dibatasi, dan kepulauan hanya didesain untuk dikunjungi, serta memastikan pengunjung mempunyai sedikit dampak pada lingkungan dan habitat hewan yang sensitif.


Posting Komentar untuk " 5 Solusi untuk Dampak Industri Pariwisata"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Present Continuous Pilihan Ganda dan Jawabannya

close