Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat dan Contoh Kebijakan Halal di Perusahaan

Kebijakan halal adalah komitmen tertulis untuk menghasilkan produk halal secara konsisten sesuai dengan proses bisnis perusahaan, Kebijakan halal merupakan kriteria pertama dari 11 kriteria Sistem Jaminan Halal, Berikut 3 persyaratan kebijakan halal di perusahaan:

1. Manajemen puncak harus menetapkan kebijakan halal

2. Sosialisasi kebijakan halal ke semua stakeholder (pihak) yang terlibat.

3. Memelihara Kebijakan Halal perusahaan.

Penjelasan lebih detailnya tentang 3 kebijakan halal perusahaan sebagau berikut

1. Manajemen Puncak harus menetapkan kebijakan halal, manajemen puncak apabila perusahaan masih berskala Usaha Kecil Menengah (UKM), maka manajemen puncak bisa pemilik UKM, Apabila di perusahaan maka manajemen puncak bisa pemilik perusahaan atau direktur perusahaan. Dimana kebijakan halal harus sesuai dengan tujuan dan konteks perusahaan dan mencakup komitmen untuk memenuhi persyaratan yang berlaku. Kebijakan halal bisa berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya, karena model bisnis perusahaan yang berbeda, semisal Kebijakan Halal Rumah Potong Hewan pasti isi kebijakan halalnya berbeda dengan Kebijakan Halal UKM Keripik Pisang, Kebijakan Halal Restoran padang pasti berbeda dengan kebijakan halal perusahaan farmasi. Kebijakan Halal harus ditandatangani oleh pimpinan perusahaan. 

Cara membuat kebijakan halal di perusahaan bisa berbeda satu dengan yang lainnya, namun intinya sama, yakni komitmen perusahaan tentang pemenuhan sebelas kriteria sistem jaminan halal. langkah -langkah di dalam Cara Membuat Kebijakan halal perusahaan sebagai berikut 

a. Tulis nama perusahaan di awal Kalimat. Contoh : Kebijakan Halal Bakso Enak Tarakan  

b. Uraikan Komitmen perusahaan tentang pemenuhan sebelas sistem jaminan halal. contoh : Kami berkomitmen untuk selalu menggunakan bahan produksi sesuai syari'at islam .... dan seterusnya

c. Tulis Tanggal dan tempat pembuatan kebijakan halal serta ditandatangai oleh manajemen puncak perusahaan.

Contoh kebijakan halal perusahaan bakso Enak Joss Tarakan.

kebijakan halal perusahaan
Gambar 1.0 Kebijakan Halal Bakso Enak Joss Tarakan

2. Kebijakan Halal harus disosialisasikan kepada semua stakeholder perusahaan, jadi semua karyawan perusahaan faham bahwa perusahaan menerapkan kebijakan halal, kebijakan halal juga disosialisasikan kepada pemasok. Cara sosialisasi kebijakan halal bisa melalui email. Whats app, poster, banner, atau mengadakan pelatihan sosialisasi tentang kebijakan halal perusahaan kepada stakeholder dan pemasok atau supplier.

3. Bukti sosialisasi kebijakan halal harus dipelihara, dan harus tersedia saat pelaksanaan audit. Bukti sosialisasi kebijakan halal bisa berupa dokumen pernyataan kebijakan halal, bisa juga berupa foto atau screenshot bahwa kebijakan halal sudah disosialisasikan kepada stakeholder dan supplier melalui rapat perusahaan, seminar, email atau pesan Whats App.


Posting Komentar untuk "Cara Membuat dan Contoh Kebijakan Halal di Perusahaan"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close