Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Sirih dan Manfaatnya

Apa itu Tanaman Sirih?

Sirih adalah tanaman merambat dan menjalar yang merupakan tanaman khas nusantara, batangnya berwarna hijau muda ketika masih kecil kemudian seiring bertambahnya usia batang tanaman menjadi putih dan besar. di daerah papua batang tanaman sirih bisa diolah menjadi tas yang menarik. pada umumnya tanaman sirih diambil manfaat dari daunnya. 

Tanaman sirih tumbuh menyebar dari daratan India di Asia Tengah hingga ke Asia Tenggara. di Indonesia tanaman sirih kurang dibudidayakan secara maksimal, padahal di India tanaman sirih dibudidayakan secara masif dan terdapat industri medis yang menggunakan bahan baku daun sirih. Total luas area yang dijadikan budidaya daun sirih di India ialah seluas 55000 hektar. di negara tetangganya (Bangladesh) setiap petani sirih mendapatkan penghasilan 100000 taka per hektar, kalau dikurskan ke rupiah pada tanggal 2 Oktober 2020 sekitar Rp 17.492.084,- (Tujuh belas juta empat ratus sembilan puluh dua ribu delapan puluh empat rupiah). Karena itu mari kita edukasi masyarakat Indonesia tentang manfaat daun sirih, cara menanam daun sirih serta aspek keuntungan dari segi kesehatan dan ekonomis yang didapat dari menanam sirih. semoga tanaman sirih bisa dibudidayakan secara maksimal sebagaimana yang di negara-negara Asia Tengah, meningat tanaman sirih juga mudah dibudidayakan dan sesuai dengan iklim Indonesia.


Cara Menanam Sirih
Sirih tumbuh dengan merambat dan menjalar di tembok dan pepohonan, dari batang pohonnya muncul akar-akar dan tunas daun, dari tunas daun akan muncul kembali tanaman baru. cara menanam sirih sebagai berikut 

1. Memotong batang pohon yang sudah tua, jangan bersihkan semua daun yang ada, supaya tanaman masih bisa melaksanakan proses fotosintesis.  

2. Cangkul tanah cukup dalam, kemudian tancapkan batang sirih yang sudah dipotong tadi. 

Jangan lupa di dalam tanah tadi berisi cukup humus sehingga tanah subur dan mendukung pohon sirih untuk tumbuh dan berkembang, hal-hal yang bisa anda lakukan supaya tanah subur bisa dengan hal berikut ;
1. Masukkan kotoran kandang baik kotoran sapi, kotoran ayam dan sebagainya ke dalam tanah, aduk dan campur dengan yang lainnya.
2. Masukkan daun-daun kering kedalam tanah di atas sebagai tambahan penyubur tanah
Daun-daun kering dan kotoran bisa menjadi bahan organik yang menyuburkan tanaman. bahan-bahan tersebut tidak mempunyai efek samping sebagaimana pupuk kimia yang lain. terbukti tanah yang kaya akan bahan organik lebih subur dan baik buat perkembangan tanaman.

batang dan daun sirih
Gambar 1.0 tanaman sirih

Hambatan dalam Menanam Sirih
Ketika tanaman sirih masih kecil maka yang menganggu adalah hewan-hewan seperti ayam, anjing, kucing dan sebagainya maka jauhkan hewan tersebut dari tanaman sirih, atau anda membuat jaring-jaring atau pagar melingkar di sekitar tanaman sirih, sehingga hewan peliharaan anda tidak dapat masuk tempat anda bercocok tanam. Hambatan yang kedua yakni dari rumput-rumputan dan gulma yang tumbuh di sekitar tanaman sirih. rumput dan gulma yang tinggi akan menyebabkan sirih tidak mendapat sinar matahari yang cukup untuk proses fotosintesis, hal tersebut bisa menyebabkan tanaman sirih tidak berkembang dan mati.

Manfaat Menanam Sirih 

Sirih adalah tanaman yang umum digunakan sebagai tanaman obat-obatan, apabila anda mempunyai tanaman sirih di pekarangan rumah anda, anda bisa menggunakan sewaktu-waktu, misalnya ketika putra-putri kesayangan anda sedang mengalami gatal-gatal di pundak atau dibagian lain tubuhnya, anda bisa merebus daun sirih untuk menyembuhkan gatal-gatalnya. Atau ketika putra putri anda sedang sariawan anda bisa merebus sirih kemudian putra-putri anda suruh untuk berkumur-kumur dengan air rebusan. Hal tersebut karena daun sirih mempunyai kandungan minyak atsiri dan mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula, zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida(anti jamur). sebagaimana tercantum https://id.wikipedia.org/wiki/Sirih

Keuntungan yang kedua anda bisa menjual tanaman sirih dari daunnya, ketika penulis di Kediri, beberapa pedagang di pasar terkadang menanyakan kepada orang tua penulis apakah punya daun sirih di rumah, ada yang mencari dari Surabaya untuk dijadikan kapsul obat. setiap daun dihargai perkarung, kadang satu karung dihargai 40 ribu rupiah, dan terkadang ketika sepi bisa mencapai seratus ribu rupiah per karung. Suatu hal yang menguntungkan bukan? apalagi apabila anda mempunyai ketrampilan untuk merubahnya menjadi kapsul obat, anda bisa menjadi Industri Kecil Menengah (IKM) yang bergerak dalam pembuatan obat dari daun Sirih.

 

 

Posting Komentar untuk " Cara Menanam Sirih dan Manfaatnya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close