Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghitung Depresiasi Jumlah Angka Tahun (SOYD)

Apa itu depresiasi jumlah angka tahun?

Metode SOYD merupakan kepanjangan dari Sum Of years digit, Metode SOYD disebut juga metode depresiasi jumlah angka tahun, pengertian Depresiasi Jumlah angka tahun (SOYD) adalah penyusutan nilai barang atau alat dalam rentang waktu beberapa tahun, dimana setiap alat dan mesin yang kita gunakan untuk membantu kegiatan produksi pada sistem industri perusahaan, akan mengalami penyusutan (penurunan) nilai, karena itu perlu untuk menghitung berapakah penyusutan nilai per tahun dari alat dan mesin yang perusahaan miliki, supaya perusahaan dapat melakukan pilihan alternatif kebijakan demi keberlangsungan sistem Industri di perusahaan mereka.

Bagaimana Cara Menghitung Depresiasi Jumlah Angka Tahun (SOYD)?

Metode depresiasi jumlah angka tahun (SOYD) digunakan untuk membebankan depresasi awal yang lebih besar dan semakin kecil untuk tahun-tahun selanjutnya. Cara menghitung depresiasi dengan metode SOYD dimulai dengan menentukan jumlah digit tahun dari 1 sampai ke N, besarnya depresiasi diperoleh dengan mengalikan ongkos awal dikurangi nilai sisa (P-S) dengan rasio antara jumlah tahun sisa umur aset terhadap nilai SOYD, sehingga rumus depresiasi SOYD sebagai berikut :

Rumus Depresiasi Jumlah angka Tahun (SOYD)
Gambar 1.0 Rumus Depresiasi SOYD

dimana Dt = beban depresiasi pada tahun ke-1

SOYD = jumlah digit tahun dai 1 sampai N

P = ongkos awal aset. S= nilai sisa

supaya lebih mudah difahami, silahkan lihat contoh soal Depresiasi jumlah angka tahun (SOYD) dan penyelesaiannya di bawah .

Abdillah membeli sepeda motor Vario dengan harga 24 juta, biaya pengiriman dan uji coba biayanya 1 juta rupiah masa pakai ekonomis dari mesin ini ialah 10 tahun dengan nilai sisa sebesar Rp 4 juta. Gunakanlah metode jumlah angka tahun (SOYD) untuk menjawab persolan sebagai berikut :

1. Nilai awal dari alat tersebut

2. Besarnya depresiasi pada tahun ke 3

3. Buatlah tabel depresiasi dan grafik nilai buku aset?

Jawab :  

1 ) Di dalam Cara Menghitung Depresiasi Jumlah Digit Tahun (SOYD) untuk menyelesaikan permsalahan Bapak Abdillah adalah dimulai dengan menghitung Nilai Awal dari Alat. dimana diketahui nilai Awal diperoleh dari menjumlahkan biaya pembelian dan biaya pengiriman sepeda motor Vario.

 P = 24 juta + 1 juta = 25 juta

2) Cara menghitung depresiasi pada tahun ke 3 adalah dengan menjumlahkan digit tahun yang ada            SOYD = 1+2+3+4+5+6+7+8+9+10= 55, Kemudian menggunakan rumus Depresiasi jumlah angka tahun (SOYD)

Perhitungan Depresiasi Jumlah angka tahun
Gambar 1.1, Perhitungan Jumlah angkat Tahun (SOYD)

  

3)

Tabel perhitungan depresiasi jumlah angka tahun (SOYD)
Tabel 1.0 Tabel perhitungan depresiasi jumlah angka tahun (SOYD)


Grafik perhitungan depresiasi jumlah angka tahun (SOYD)
Gambar 1.2, Grafik nilai buku jumlah angka tahun (SOYD) 




 

Posting Komentar untuk "Cara Menghitung Depresiasi Jumlah Angka Tahun (SOYD)"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close