Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Merokok Ketika Memasak

Dalam mengkonsumsi makanan, kita harus memastkan bahwa makanan kita bebas dari tercampurnya atau terkontaminasi bahan haram/najis termasuk dari bahan yang bisa meracuni kita. Salah satu racun yang mayoritas masyarakat Indonesia anggap wajar atau sepele, ialah racun dari asap rokok. 
jangan merokok ketika memasak
Hal-hal yang dikhawatirkan ketika anda merokok dengan memasak ialah sisa pembakaran rokok anda yang jatuh ke makanan, sehinggga makanan anda tercampuri oleh racun rokok, hal tersebut bisa terjadi ketika angin yang menghembuskan rokok yang terbakar dan mengenai makanan. dalam proses memasak, bahan yang sudah tercampur oleh asap rokok bisa saja tercampur dengan bahan yang lain ketika memasak. sehingga semua makanan teracuni.
Penulis menyarankan apabila anda memang perokok berat, dan sulit lari dari kebiasaan merokok. anda bisa menyuruh istri anda, atau anak anda atau siapapun yang penting dia tidak merokok ketika memasak makanan. Hal ini berguna supaya makanan yang dikonsumsi anda dan keluarga anda terjamin kehalalan dan kebersihannya. Anda yang sudah terbiasa melakukan aktifitas dengan merokok pasti sulit untuk menghindarkan diri dari merokok disetiap aktifitas anda.
Dalam suatu penelitian, dalam satu puntung rokok mengandung berbagai bahan kimia yang beracun sebagai berikut:
- Hidrogen Sianida, dimana racun sianida digunakan untuk membunuh tikus, dan racun sianida juga terdapat dalam rokok   
 - Cadmium, sebuah logam yang sangat beracun dan radioaktif, dimana kadmium digunakan dalam pembuatan baterai. kadmium juga terdapat dalam puntung rokok.
- Nikotin, kandungan yang menyebabkan perokok merasa rileks, zat ini juga dapat membuat perokok menjadi kecanduan.
- Toluene, suatu zat kimia yang berguna untuk menggerakkan mesin kendaraan. hal ini  juga terdapat dalam  rokok.   
Jika anda waras, pasti anda tidak mau mengkonsumsi bahan kimia tersebut karena bisa membahayakan diri anda. tapi karena terbungkus dalam rokok, anda merasa nyaman dan tenang untuk mengkonsumsinya. mulai dari saat ini waspadalah.
Bagaimana Menghindari Racun Rokok di Makanan ?
Bagi anda yang suka merokok lebih baik anda menalihkan sedikit demi sedikit kebiasaan buruk anda dengan kebiasaan yang bermanfaat, dengan anda meminimalkan aktifitas merokok Anda jadi lebih bisa menabung bagi masa depan anda. Bagi anda yang tidak suka merokok dan tidak ingin makanan anda tercampuri asap rokok, sebaiknya anda memastikan koki masak di rumah anda tidak termasuk perokok aktif, 
bahaya merokok

 
Adapun ketika anda pergi ke tempat kuliner kesayangan anda, anda lihat tukang masaknya, apakah ia merokok atau tidak ketika memasak? jika tidak, maka anda bisa makan dan minum di tempat tersebut dengan nyaman, Jika tukang masaknya merokok anda harus waspada dan saya sarankan anda untuk mencari tempat kuliner yang lain, hal itu demi kesehatan dan keselamatan anda.
Apa Landasan Tindakannya?
Apabila anda beragama islam anda mengetahui bahwa Islam mengajarkan kepada muslim agar mengkonsumsi makanan yang halal dan baik, Ummat islam juga dilarang untuk makan dan minum secara berlebih-lebihan.
Salah satu langkah yang bisa anda lakukan supaya memperoleh makanan yang halal dan baik ialah memastikan proses memasak makanan tersebut benar, orang yang memasak makanan juga terjaga kesehatannya perilakunya sehingga penyakit yang dibawa oleh orang lain tidak mencampuri masakan kita.
 

Posting Komentar untuk "Jangan Merokok Ketika Memasak"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Present Continuous Pilihan Ganda dan Jawabannya

close